babysophie, breastfeeding

Recent Sophie’s Breastfeeding Stories

Alhamdulillah sampai hari ini Sophie (4m23d) masih minum ASI saja. Bisa dikatakan bahwa perjalanan ASIX Sophie ini lancar so far, dibandingkan kisah-kisah yang banyak di-share di milis yang saya ikuti. Dan saya amat bersyukur atas itu semua.

Akhir-akhir ini Sophie punya kebiasaan baru pas nenen. Kebiasaan yang membuat saya meringis-ringis. Sophie suka gemas menggigit -apa ya namanya, aktivitas seperti menggigit with her toothless gum- puting saya dan menariknya. Awalnya saya kaget, sempat menjerit juga, tapi sekarang saya berusaha menahan reaksi lebay saya. Saya berusaha untuk tidak terlalu reaktif menangapi aksinya, khawatir Sophie jadi nursing strike. Pas membaca-baca saya belum terlalu ngeh klo nursing strike bisa disebabkan karena keterkejutan bayi atas reaksi emaknya. Tapi contoh nyata peristiwa ini terjadi di depan mata saya minggu ini. Mbak Asa bayi depan rumah mogok nenen setelah menggunakan puting mamanya sebagai pengasah gigi. Semoga saya bisa mengendalikan ke-lebay-an saya ya ntar-ntar, saat gigi Sophie  sudah banyak.

Semakin ke sini Sophie semakin gak suka LDR. Dulu mah dia gak pernah protes. Skarang klo LDR Sophie pasti melepeh puting saya. Klo moodnya lagi bagus, Sophie akan menatap mata saya sambil tersenyum-senyum jahil. Klo lagi ngantuk, Sophie akan ber uh-uh sambil melempar badannya ke belakang, memperagakan gerakan kayang favoritnya. Padahal dalam pikiran saya, klo LDR kan enak ya, gak usah usaha ngenyot sudah ada ASI yang siap telan. Semoga ini sign klo Sophie gak semalas saya ya nantinya ^_^

Trus, Sophie berkurang minum ASIPnya. Dibekali 3 botol @ 100-120 mL saja nyisa. Kompensasinya, nemplok terus sesampainya di rumah. Kuat nempel di dada saya sampe 45 menit. Baru satu jam nenen sudah minta babak selanjutnya. Sampai ngilu rasanya. But it’s OK with me, yang penting Sophie terpenuhi kebutuhannya.

Ada kalanya hasil perasan saya drop. Kmaren sempat panik. Untungnya breasfeeding father jarak jauh saya selalu bisa membangkitkan semangat saya untuk mencari penyebabnya dan mengusahakan solusinya. Setelah saya telaah, ASIP saya berkurang drastis di hari Senin. Beberapa minggu selalu seperti itu. Tebakan saya, karena tenaga terforsir di hari Minggu sementara pasokan nutrisinya minimalis. Begitulah, hari libur tapi capeknya melebihi hari kerja. Minggu saya jadi single fighter, dan warung makan deket rumah pada tutup. Kadang gak sempat masak, sementara klo beli ke tempat yang agak jauh juga tidak mungkin. Opsi meninggalkan Sophie di rumah sendiri atau membawanya keluar (by motor or on foot) sama-sama gak feasible. Akhirnya ya seadanya saja.

Afterall, I am so thankfull for these blessings, Allah. Smoga saya selalu diberikan kemudahan dalam memberikan hak Sophie ini sampai ulang tahun keduanya. Amin.

Leave a Reply

