babysophie, milestone, tpa

Bulan Kesembilan Sophie

Tanggal 4 kemarin Sophie genap berusia 9 bulan. Sudah besar. Sudah memulai babak mingkem melulu pas disuapi. Juga mulai menunjukkan sisi drama queen dalam dirinya. Ah, you really grow my dear Sophie….

Sudah 2 mingguan ini Sophie mingkem melulu kalo disuapi. Terutama, klo saya yang menyuapi. Walaupun sudah ganti menu, sudah sambil gendongan dan mengejar kucing, sudah ganti mangkok, tetep saja. Hari minggu yang notabene kami cuma berdua saja sharian, praktis Sophie makannya sedikit sekali. Hari minggu lalu, Sophie cuma mau sarapan tim roti 3 suapan disambung bubur jagung 3 suapan juga, makan siang rapet mingkemnya liat sendok tapi mau minum jus pear, lalu sore mau disuap beberapa cowelan roti tawar. Tapi, so far saya masih belum terlalu khawatir dengan ilmu baru dalam bidang kunyah mengunyah ini. Sifatnya masih on off. Klo minggu ogah makan ya Senin lumayan lah mau makan. Klo di TPA sama gurunya juga lumayan mau. Dan skarang, andalan saya Mb Nur. Klo Sophie sibuk tolah-toleh sana-sini sampai lupa membuka mulutnya pas sarapan, saya akan mengoper Sophie ke Mb Nur. Gara-gara hal ini, Sophie sekarang ogah duduk pas makan. Mintanya gendong. Dan makan sambil mengejar kucing sepanjang gang. Huhuhuuu, PR banget ini untuk kembali membawa Sophie ke cara makan yang benar.

Semakin kesini semakin terlihat klo selera makan Sophie lebih mirip saya dibanding Papanya. Lebih suka ayam dari pada sapi. Lebih lahap makan wortel daripada kangkung. Dan, Sophie loves spices! Bawang bombai, daun bawang, daun salam dan seledri wajib ada dalam setiap buburnya. Klo sop, Sophie suka sedikit merica dan daun jeruk. Ala pepes, Sophie senang aroma laos dan sereh. Kemangi belum mencoba. Kata suami, kok mirip orang Thailand to suka rempah-rempah kaya bgitu. *Well, kan Sophie made in Thai Pa, hahahaha*. Bulan ini agenda perkenalan makanan barunya adalah ikan air tawar. Tadi saya sudah beli gurameh, tinggal nanti sore ditim dan diliat gimana responnya.

Sudah 5 hari ini Sophie nempel banget sama saya. Susah banget ikut orang lain. Begitu saya mendudukkannya di kasur TPA dan Bu Guru mau mengambil alih, langsung deh tangannya memegang erat kerudung saya. Memeluk saya, menepis tangan gurunya. Klo dipaksa digendong Bu Guru, langsung mewek deh. Mana nangisnya menyayat hati bgitu. So far cuma Bu Endah yang sukses bisa mengambil alih Sophie dari gendongan saya tanpa adegan nangis bombai. Tapi oh tapi, begitu saya gak kelihatan lagi, Sophie lupa deh sama emaknya. Mulai biasa lagi, bermain dan ktawa-tawa lagi. Ckckck, drama quenn banget deh.

Tentang merangkak, sepertinya Sophie mengikuti Papanya. Sampai sekarang gak ada sign sama sekali klo Sophie mau merangkak. Sekarang sukanya malah diberdirikan sambil berpegangan. Duduknya sudah kokoh. Suka sekali tepuk tangan. Melempar barang. Dan tunjuk-tunjuk. Tetapi klo menunjuk jari telunjuknya belum keluar ya, masih menggunakan kepalan atau seluruh jarinya.

Untuk masalah minum, akhirnya saya memensiunkan dini sippy cup Sophie. Sophie sudah ogah minum pakai sippy cup. Botol apa lagi. Sekarang minum air putih langsung dari cangkir, susu disendoki. Di satu sisi saya bahagia, Sophie sudah bisa lepas dari botol dengan mudah. Tapi di sisi lain saya khawatir. Konsumsi susunya seret banget sekarang ini. Paling di TPA maksimal menghabiskan 200 mL. Itu sudah juara banget mau 2 botol. Syukurnya, untuk minum langsung dari dispensernya Sophie masih kuat. Makanya sekarang siang saya nyusul Sophie ke TPA, agar Sophie bisa minum langsung. Malam sih jangan ditanya. Nyusu melulu, bangun tiap 2 jam.

Tidurnya masih tetap sepertibulan kemarin. Well, Mama loves you Dear, a lot…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s