Uncategorized

Harus Jaga Omongan

Sophie sekarang lagi suka cerita sama orang lain di luar kami, orang tuanya. Kemarin-kemarin Bu Yani bercerita ke suami kalau hari sebelumnya Sophie bercerita pada beliau kalau tadi berangkat sekolah diantar Mama naik taksi, karena motornya lagi rusak di bengkel.

Eh, tadi pagi, lagi-lagi Sophie bercerita ke Mas Adi, tetangga samping rumah kami, kalau kucing liar yang suka nongkrong di depan rumah kami sedang sakit mata 🙂

Nah, yang membuat saya deg-degan dengan kebisaan barunya adalah realita bahwa yang menjadi sumber cerita Sophie adalah materi pembicaraan kami dengannya sebelumnya. Lah, saya kan kalau bicara cenderung tidak dipikir dulu ya. Khawatir deh kalau tiba-tiba Sophie menceritakan pembicaraan absurd kami pada orang lain. Iya, saya khawatir dengan respon orang lain terhadap absurdnya isi cerita Sophie -yang mana sumbernya dari saya itu-. Saya khawatir respon tersebut membuat Sophie malas atau bahkan tidak mau bercerita lagi setelahnya.

Errr, seabsurd apa sih pembicaraan saya dan Sophie? Ini salah satu contohnya, terjadi tadi malam setelah suami pamit ke Sophie mau kumpulan sama Bapak-bapak se RT.

Papa mau kemana?

Mau arisan Sophie

Alisan apa?

Arisan itu kumpul-kumpul sama Bapak-bapak

Bapak siapa?

Ayahnya Adik Kayla, Bapaknya Mbak Talent, Bapaknya Adik Beryl, Papanya Adik Rafa

Bapak-bapak apa?

Bapak-bapak itu yang punya nenen kecil <— tuh kan, absurdnya mulai keluar

Iyaa, ketil nenennya <— sampai di sini suami berteriak dari kamar mandi, kok definisi Bapak-bapak versi saya ini ngawur adanya 🙂

Eh, Bapak-bapak itu yang kakinya ada rambutnya Soph. Mama ini Ibu-ibu, liat nih, kaki Mama tidak ada rambutnya

Ooooo

dst dst.

Dan, lima belas kemudian Sophie mengulang pertanyaan yang sama, Bapak-Bapak itu apa. Saya jawab dengan ciri rambut di kaki. Dan tebak apa yang ditanyakan Sophie selanjutnya?

Nenennya bagaimana?

*tepok jidat*

1 thought on “Harus Jaga Omongan”

Leave a Reply

