Uncategorized

Anak-anak. Kekanak-kanakan

Sophie selalu galak setiap kali saya lupa meniup makanan saat menyuapinya.

“Mulut Mama banyak kumannya, nanti pindah ke makanan”, tegurnya.

Akan tetapi, Sophie meminta saya mengemut makanan pedas agar dia bisa memakannya.

Saya kerap membatin, kalau meniup saja sudah efektif memindahkan kuman dari mulut saya ke makanannya, maka mengemut akan menyelubungi makanan tersebut dengan flora normal mulut saya.

Ah, begitulah Sophie. Tahunya baru sedikit, tapi gayanya sudah selangit. Macam sudah paling tahu saja.

Itu Sophie, si anak umur lima tahun.

Ketika membicarakan hal ini dengan suami, kami tersadar bahwa banyak orang dewasa yang berperilaku seperti anak-anak. Tahunya parsial, tapi menghakimi sesuatu secara general. Persis seperti kelakuan Sophie, tapi dalam skala yang lebih besar.

Contoh ringannya, seorang ibu yang menjadikan MSG penjahat perusak masa depan anaknya. Mendengar orang lain menggunakan MSG komentarnya sepanjang jalan negara. Padahal dia sendirinya masak memakai kaldu non MSG (yang juga akan menghasilkan asam glutamat saat bercampur dengan makanan) dan suka nyemilin kerupuk. Pernah ketemu, atau setidaknya mendengar, model yang seperti ini, kan, ya?

Itu versi ringannya.

Versi kelas berat dari sifat kekanak-kanakan orang dewasa ini muncul dalam bentuk mereka-mereka yang senang benar menyalah-nyalahkan pendapat dan pilihan orang lain. Terlalu sibuk membenarkan pendapat dan pilihannya, sampai lupa bertanya, lha, ini, benar menurut siapa? Apa iya hanya ada satu kebenaran saja? Kalau yang benar memang pendapat dan pilihannya, apakah otomatis pendapat orang lain dan pilihan di luar itu tadi salah adanya?

Saya berkaca ketika menulis post ini, melihat sisi kekanak-kanakan saya dan menertawakannya. Oh, iya. Semua orang punya sisi tersebut. Hanya pemicu dan topiknya saja yang berbeda: hal yang dianggap penting oleh yang bersangkutan 🙂

PS: ternyata sulit sekali untuk mulai aktif menulis di blog, ya. Butuh pemanasan yang lama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s