Uncategorized

Menghidupkan Kembali Blog yang Mati Suri

Setelah sekian lama tidak membaca buku cetak,  akhirnya seminggu terakhir ini saya bisa menekuni aktivitas tersebut dengan jenak. Menyenangkan sekali bisa ke toko buku, memilih buku fiksi yang tidak berhubungan sama sekali dengan apa yang selama ini saya akrabi, lalu membacanya dengan tuntas tanpa interupsi apapun. Seperti bernostalgia, membaca buku fiksi dalam format cetak ini mengingatkan saya akan banyak hal menyenangkan yang saya tekuni di masa lalu

Salah satu dari sekian banyak hal menyenangkan yang dulu saya tekuni adalah mengisi blog.  Saya tidak pernah menganggap diri saya blogger yang amat produktif (menyebut diri blogger pun saya tidak, rasanya saya tidak pede dengan sebutan itu), tapi ada masanya saya rajin pamer ini-itu di blog-blog saya (yang semuanya sudah saya impor ke wordpress). Awal-awal masuk lab, misalnya, saat pekerjaan saya masih sedikit dan bisa disambi-sambi.  Mundur lagi ke belakang,  saya juga rajin sekali up date cerita tentang bayi Sophie (eforia ibu baru. Ah, semua bisa dicarikan pemakluman,  bukan? :p). Lalu kemudian seiring dengan keruwetan pekerjaan saya,  blog saya lalu terabaikan.  Masih saya isi, tapi, ya, sesempatnya.

Belakangan ini, niat untuk kembali menghidupkan blog muncul. Tapi, sulit sekali untuk merealisasikannya.  Salah satu penyebabnya adalah kesenjangan antara apa yang ingin saya tulis dengan apa yang bisa saya tulis. Begini, lho, maksud saya.  Beberapa tahun terakhir ini saya menyukai membaca science writing. Dulu sekali, saya jatuh cinta pada pandangan pertama pada Complicated-nya Atul Gawande. Tahun-tahun itu, saya melahap banyak tulisan yang senada dengan Complicated.  Lalu saya menikah, punya anak dan saya terserang sindrom eforia ibu baru. Setelahnya adalah apa yang tertulis di blog saya ini. Nah, kecintaan saya terhadap science writing muncul kembali berkat Phenomena, science blog yang dikelola oleh NatGeo. Mulai, deh, saya keranjingan membaca tulisan-tulisan Carl Zimmer,  Ed Yong,  Virginia Hughes,  Brian Switek dan Nadia Drake. Bukan hanya yang di Phenomena,  tapi juga artikel-artikel mereka yang tersebar dimana-mana.  Kemudian muncul nama-nama lain seperti Jonathan Eissen,  Derek Lowe,  Maryn McKenna dan Bora Zickovik.

Karena saya banyak membaca tentang tema-tema science, lebih spesifiknya biological science, secara alami saya inginnya juga menuliskan hal yang sama. Tapi kemudian saya berpikir, lah, berat amat hidup saya, masa iya blog keluarga diisi dengan bahasan tentang microbiome, misalnya. Akan sangat njomplang dengan isi blog yang sudah ada.  Sempat terpikir untuk membuat blog baru juga,  tapi saya sadar bahwa ke depannya saya tidak se-selo itu.

Terlalu lama berpikir dan menimbang-nimbang,  saya akhirnya malah tidak mengerjakan apa-apa.  Blog saya tetap sepi tanpa isi.

Nah, kemarin saya membaca tentang proyek #21HariNgeblogLagi-nya Mas @ryudeka. Saya memenyukai gagasan tersebut, dan memutuskan untuk bergabung. Saya memiliki misi tambahan,  sebenarnya.  Saya bilang pada suami saya, setelah 4 tahun saya merasa gagal mengerjakan segala sesuatunya sesuai target, saya perlu membuat diri saya percaya bahwa saya bisa merencanakan sesuatu dan mengeksekusi pelaksanaannya dengan baik,  sesuai target yang saya buat sendiri.

Karena alasan kegalauan saya tentang isi blog, saya mereduksi jumlah tulisan yang saya targetkan untuk bulan November ini. Saya ingin menulis setidaknya 15 blog post dalam satu bulan ini. Ambisius untuk ukuran saya yang dalam setahun terakhir ini hanya menghasilkan tidak lebih dari 30 blog post, memang. Tapi, ya, itu, saya ingin melihat seberapa banyak saya mampu berkomitmen pada rencana yang sudah saya susun.

Saya menyebut proyek ini sebagai #November15, dan blog post ini adalah edisi perdananya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s